GENERASI MUDA DAN PENEGGAKAN HUKUM DALAM BAHAYA NARKOBA

GENERASI MUDA DAN PENEGGAKAN HUKUM DALAM BAHAYA NARKOBA

Generasi muda Indonesia memiliki potensi yang tidak kalah berkualitas dengan anak-anak muda di negara-negara lainnya. Berbagai prestasi seringkali diraih oleh para pemuda-pemudi Indonesia dan mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia internasional.

Tidak hanya di mancanegara, generasi muda Indonesia pun juga banyak yang berkontribusi dalam pembangunan masyarakat didalam negeri sendiri.

Dalam upaya mewujudkan cita-cita dan mempertahankan kedaulatan bangsa dan negara kedepan tentu akan menghadapi banyak permasalahan hambatan rintangan dan bahkan ancaman yang harus dihadapi.

Masalah-masalah yang harus dihadapi itu beraneka ragam. Banyak masalah yang timbul sebagai warisan masa lalu, masalah sekarang maupun masalah yang timbul di masa depan negara kita.

Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba bukanlah hal baru di Indonesia. Tindak pidana narkotika merupakan bentuk pelanggaran hukum dan pelanggaran norma sosial yang telah ada sejak lama.

GENERASI MUDA DAN PENEGGAKAN HUKUM DALAM BAHAYA NARKOBA

Masalah narkotika ini merupakan ancaman yang begitu hebat melanda Indonesia, setiap hari kita mendengar dan melihat dari media massa tentang pemberitaan penyalahgunaan narkotika.

Peredaran narkoba di Indonesia beraneka ragam modus dan caranya memang perlu waspada sebab motifnya tidak hanya bisnis saja tapi untuk memperlemah generasi muda

Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat kerawanan tinggi terkait dengan penyalahgunaan narkotika. Bahkan status Indonesia kini masuk dalam level darurat narkoba.

Penyelundupan narkoba yang berhasil masuk ke Indonesia diperkirakan jumlahnya jauh lebih besar dibanding keberhasilan aparat membongkar kasus pengiriman barang haram tersebut masuk ke Indonesia.

Bahwa Indonesia masih merupakan wilayah sasaran penyelundupan jaringan narkoba internasional, karena permintaan konsumsi narkoba yang tinggi bagi pengguna narkoba di Indonesia.

Badan Narkotika Nasional (BNN) mencatat, jumlah penyalahgunaan narkoba di Indonesia diperkirakan mencapai 3,5 juta orang pada 2017. Sekitar 1,4 juta di antaranya adalah pengguna biasa dan hampir 1 juta orang telah menjadi pecandu narkoba.

GENERASI MUDA DAN PENEGGAKAN HUKUM DALAM BAHAYA NARKOBA

Tidak hanya menjangkau kota-kota besar, barang haram itu kini juga telah merambah kota-kota kecil hingga desa-desa. Narkoba juga menjangkiti semua lapisan masyarakat, mulai dari pekerja, siswa, pria-wanita, sampai anak-anak.

Badan Narkotika Nasional (BNN) merilis temuan surveinya terkait pengguna narkoba secara keseluruhan yang ternyata 24 persen diantaranya adalah pelajar sedangkan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat dari 87 juta populasi anak di Indonesia sebanyak 5,9 juta di antaranya menjadi pecandu narkoba. Mereka jadi pecandu narkotika karena terpengaruh dari orang-orang terdekat.

Bahwa kejahatan narkoba tergolong sebagai kejahatan luar biasa (extraordinary crime). Kejahatan narkoba merupakan kejahatan yang secara langsung maupun tidak langsung menyerang hak untuk hidup (right to life) dan hak atas kehidupan (right of life) dan dampaknya dapat merusak generasi muda sehingga merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Terhadap kejahatan luar biasa tentu saja cara mengatasinya juga harus dengan cara yang luar biasa, salah satunya melalui hukuman mati.

Di Indonesia sendiri penerapan hukuman mati terhadap pengedar narkoba masih dilaksanakan, dari hukuman mati tersebut untuk mengurangi kejahatan sekaligus menekan peredaran narkoba.

GENERASI MUDA DAN PENEGGAKAN HUKUM DALAM BAHAYA NARKOBA

Mayoritas narapidana penghuni lembaga pemasyarakatan (lapas) di kota-kota besar di Indonesia merupakan pengguna narkoba. Hingga Desember 2018 Ditjen Pemasyarakatan mencatat jumlah narapidana di Indonesia mencapai 255.407 narapidana, sementara total kapasitas lapas di seluruh Indonesia adalah 16.000. Dirjen Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami mengatakan bahwa dari seluruh narapidana yang ada di lapas dan rutan, narkoba menjadi kasus tertinggi, yaitu sebanyak 97.835 narapidana.

Penanggulangan dan pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba merupakan tanggung jawab bangsa Indonesia secara keseluruhan, bukan hanya berada pada   pundak kepolisian ataupun pemerintah saja. Namun, seluruh komponen masyarakat    diharapkan ikut perperan dalam upaya penanggulangan tersebut.

Tingginya pengguna narkoba di kalangan generasi muda banyak disebabkan kurangnya   pengetahuan   mereka   seputar narkoba. Hal ini dipicu tidak berlangsungnya proses transformasi pengetahuan dari  keluarga  kepada  anaknya.

Oleh karena itu, pendidikan narkoba merupakan  upaya  penyelamatan  generasi muda   dari   keterpaparan mengkonsumsi narkoba secara terus-menerus. Upaya promosi    kesehatan perlu terus digalakkan khususnya pada kalangan  generasi muda  upaya  minimalisir  dampak buruk dan kejadian kematian akibat penyalahgunaan narkoba.

GENERASI MUDA DAN PENEGGAKAN HUKUM DALAM BAHAYA NARKOBA

Mencegah peredaran narkoba adalah jauh lebih baik dari pada menanggulangi masalahnya setelah semuanya terjadi. Penyalahgunaan narkoba sebenarnya dapat dicegah melalui beberapa kegiatan sosial, seperti kegiatan olahraga, seni dan lainnya.

Dan perlu di ingat Generasi muda untuk tidak bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba dan yang paling penting adalah tidak mudah terpengaruh ajakan atau rayuan untuk menggunakan narkoba.

Untuk itu saya menghimbau kepada generasi muda untuk menjauhi narkoba, barang haram tersebut dapat merugikan diri sendiri dan merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan nergera, sebaiknya generasi muda mengisi masa mudanya dengan belajar dan terus berinovasi sehingga dapat berguna bagi sesama.

Sumber :

https://www.antaranews.com/berita/779549/mayoritas-penghuni-lapas-kota-besar-pengguna-narkoba

https://news.okezone.com/read/2018/03/06/337/1868702/5-9-juta-anak-indonesia-jadi-pecandu-narkoba

http://www.tribunnews.com/pendidikan/2018/08/14/bnn-bilang-24-persen-pengguna-narkoba-adalah-pelajar-ini-tanggapan-kemendikbud

https://nasional.sindonews.com/read/1316558/13/perang-candu-dan-peredaran-narkoba-di-indonesia-1530011360


OLEH :HERU PRADIJONRIKA, SH.MH.MA.M.Ud

Calon Legislatif Demokrat Dapil Lampung I NO 8

PRAKTISI HUKUM DAN ALUMNI FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS TRISAKTI

Author: admin

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *