PEMILU 2019 ADALAH ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MENUJU PARLEMEN MODERN

Arus globalisasi sudah tidak terbendung masuk ke Indonesia. Disertai dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, dunia kini memasuki era revolusi industri 4.0, yakni menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan lain sebagainya atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation.

Menghadapi tantangan tersebut DPR sebagai Lembaga Tinggi Negara harus terus berbenah terutama berkaitan dengan tugas dan fungsi sebagai wakil rakyat dalam menjalankan tugas kenegaraan.

Bahwa teknologi diciptakan untuk memudahkan manusia dalam mengendalikan sesuatu. Semakin berkembangnya zaman maka semakin banyaknya kebutuhan manusia.

Teknologi menjadi media yang sangat penting untuk mengakses barang/jasa saat ini. Dalam satu genggaman saja sekarang dapat dijangkau dan diakses apa saja dan dimana saja. Banyak kemudahan yang dapat didapatkan dengan terhubung internet.

Sedangkan Informasi dikatakan akurat apabila dapat memberikan atau menyampaikan informasi sesuai dengan fakta yang ada. Informasi adalah sekumpulan data atau fakta yang sudah diproses dan diolah dengan cara tertentu ke dalam suatu bentuk yang mempunyai arti bagi penerima dan mempunyai nilai nyata berupa fakta, sehingga dapat dipakai sebagai dasar untuk mengambil keputusan.

Adapun kualitas informasi dapat dilihat dari 3 hal yaitu :

  1. Kepemilikan yang dimaksud adalah suatu informasi akan dapat dipercaya oleh khalayak umum jika informasi tersebut ditandai dengan adanya keterangan secara jelas tentang kepemilikan suatu informasi yaitu adanya keterangan nama dari penulis dan penerbitnya serta ada tahun terbitnya.
  2. Keakuratan maksudnya adalah suatu informasi dapat juga dilihat dari seorang penulisnya bagaimana cara dia menata bahasanya dan bagaimana ejaan dari kata-katanya dan suatu informasi tidak boleh menyesatkan para pembaca dan Informasi harus di sajikan dalam bentuk yang akurat dan benar.
  3. Kebaruan maksudnya adalah Informasi akan menjadi berkualitas jika informasi tersebut sampai tepat waktu pada penerima dan Informasi harus di dapat secara cepat, maka dari itu dibutuhkan suatu teknologi yang mutakhir untuk mendapatkannya, mengelolanya serta mengirimkan suatu informasi tersebut.

Bahwa Pemilu 2019 adalah puncak pesta demokrasi di Indonesia setiap 5 tahun sekali, dimana akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 yang akan dilakukan serentak untuk memilih para anggota dewan legislatif yaitu Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI), Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Provinsi), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Kota/Kabupaten) seluruh Indonesia serta akan memilih Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024.

Bahwa dalam Pemilu Tahun 2019 akan dilaksanakan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dan memperebutkan 575 Kursi Anggota DPR dari 80 Dapil yang tersedia dan Pemilihan Anggota DPD sebanyak 136 Orang dari 34 Provinsi dan Pemilihan Anggota DPRD Provinsi sebanyak 272 Dapil untuk memperebutkan 2207 Kursi dan yang terakhir adalah Pemilihan Anggota DPRD Kota/Kabupaten seluruh Indonesia yang akan memperebutkan 17.610 Kursi dari 2206 dapil yang ada dan diperebutkan di seluruh Indonesia.

Pengenalan mengenai siapa calon yang akan dipilih saat pesta demokrasi adalah sangat penting untuk semua pemilih yang akan menyalurkan aspirasinya di bilik suara saat pemilu. Karena saat ini sudah eranya teknologi informasi, maka untuk mengenal siapa calon yang akan kita pilih, bisa kita lakukan kapan saja dan dimana saja karena biasanya para calon tersebut sudah memasang visi misi mereka di media sosial maupun situs-situs resmi dari partai yang mengusung mereka.

Pengertian Parlemen Modern sendiri adalah parlemen yang menerapkan transparasi, teknologi informasi dan representasi. Seluruh kegiatan DPR dapat diakses secara terbuka oleh masyarakat melalui aplikasi online. Salah satu wujud parlemen yang modern adalah diimplemetasikannya keterbukaan informasi publik melalui penggunaan hak publik untuk memperoleh informasi yang berdasar dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Hak atas informasi menjadi sangat penting dalam upaya menjadikan proses keterbukaan penyelenggara negara untuk terbuka kepada publik sehingga apa yang dilakukan oleh penyelenggara atas kerja-kerja penyelenggaraan negara dapat diterima dan dipertanggungjawabkan kepada publik.

Bahwa konsep Parlemen modern sendiri adalah penguatan kelembagaan pentingnya Informasi yang didapat oleh Anggota Dewan maupun Masyarakat melalui prinsip check and balances yang bisa kita lihat sebagai sebuah sistem aturan yang menegaskan adanya mekanisme saling kontrol di antara cabang kekuasaan baik legislatif, eksekutif maupun yudikatif yang didesain untuk mencegah terkonsentrasinya kekuasaan dalam satu cabang sehingga mendominasi cabang kekuasaan yang lain.

Secara konseptual, prinsip check and balance dimaksudkan agar tidak terjadi overlapping  atau tumpang tindih antara kewenangan lembaga negara sehingga kekuasaan dalam negara haruslah diatur dengan seksama.

Sikap keterbukaan dan keadilan adalah salah satu komponen yang penting yang ada dalam sistem pemerintahan negara Indonesia. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, keterbukaan ini mengharuskan adanya pelaksanaan pemerintahan yang dilakukan secara transparan sehingga masyarakat bisa melihat secara langsung. Hal ini sejalan dengan beberapa alasan tentang pentingnya sikap keterbukaan, yaitu:

  1. Kekuasaan biasanya sering disalahgunakan. Semakin besar kekuasaan, semakin besar juga kemungkinan terjadinya penyalahgunaan kekuasaan.
  2. Dasar pelaksanaan pemerintahan di negara demokratis adalah dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Karena hal itulah posisi pemerintah di negara demokratis sebenarnya adalah pihak yang sudah dipilih oleh rakyat untuk membuat rakyat menjadi sejahtera.
  3. Keterbukaan menjadikan adanya kemungkinan adanya akses kebebasan untuk setiap warga negara kepada beragam sumber informasi. Hal itu menjadikan warga negara semakin memiliki pengetahuan yang jernih tentang semua hal yang berkaitan dengan pelaksanaan pemerintahan. Dengan pengetahuan itu, warga negara bisa ikut berperan serta dalam penentuan agenda publik.


OLEH : HERU PRADIJONRIKA, SH.MH.MA.M.Ud
Caleg DPR RI Dapil Lampung 1 Nomor Urut 8

Sumber :

https://www.kompasiana.com/churin/574999dc5a7b61a008f2c372/pentingnya-informasi

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/04/18/kursi-dpr-ri-pada-pemilu-2019-bertambah-jadi-575

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/05/04/bambang-soesatyo-bertekad-segera-wujudkan-dpr-jadi-parlemen-modern

https://www.merdeka.com/pendidikan/3-alasan-pentingnya-keterbukaan-dalam-sistem-pemerintahan.html

Author: admin

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *