Tempat Wisata Milenial yang Sedang Hits di Lampung, Taman Nasional Way Kambas

Berwisata merupakan kegiatan yang menjadi kesenangan bagi semua orang setelah lelah melakukan segala aktivitas seperti bekerja, bersekolah, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan pengalaman dan kesenangan yang maksimal, banyak masyarakat yang rela menempuh perjalanan cukup jauh untuk menemukan destinasi wisata yang menakjubkan dan menenangkan.

Provinsi atau daerah yang memiliki banyak destinasi wisata bak surga yang wajib anda kunjungi adalah Lampung.

Salah satu provinsi di Indonesia ini memiliki tempat-tempat wisata yang unik dan cocok untuk dikunjungi oleh generasi milenial karena memiliki pemandangan yang menarik untuk dishare di media sosial.

Salah satu tempat wisata yang sedang viral dan digandrungi oleh masyarakat, terutama yang menyukai alam bebas dan liar adalah Taman Nasional Way Kambas.

Tanpa banyak penjelasan lagi, mari kita lanjut untuk mengupas tempat wisata milenial yang sedang viral dan hits yang satu ini.

Taman Nasional Way Kambas

Bagi anda yang memiliki jiwa petualang dan menyukai alam bebas, Taman Nasional Way Kambas merupakan salah satu destinasi wisata di Lampung yang patut anda kunjungi.

Taman Nasional yang satu ini didirikan pada tahun 1985 yang merupakan sekolah gajah pertama kali di Indonesia.

Pada awal pendiriannya, Taman Nasional Way Kambas diperuntukkan untuk menjaga kelestarian Gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatranus) yang kian terancam keberadaan dan kelestariannya.

Dengan nama awal Pusat Latihan Gajah (PLG), yang kini berubah menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG), tempat wisata yang satu ini diharapkan dapat menjadi pusat konservasi satwa gajah dalam upaya penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan, dan konservasi.

Sejak didirikan hingga saat ini, Taman Nasional Way Kambas telah melatih lebih dari 300 gajah liar yang kini telah disebar ke seluruh penjuru negeri ini agar kelestariannya tetap terjaga.

Meskipun berfokus pada pelatiahan dan pelestarian satwa gajah, namun tempat wisata yang satu ini juga tidak tinggal diam terhadap kelestarian hewan langka lainnya.

Hal tersebut dibuktikan dengan didirikannya International Rhino Foundation, yang mana organisasi tersebut didirikan dengan tujuan untuk melestariakan keberadaan dan kelestarian badak agar tidak punah.

Wahana dan fasilitas Taman Nasional Way Kambas

Wahana dan fasilitas Taman Nasional Way Kambas

Selain menyuguhkan keindahan alam bebas yang dipenuhi dengan rimbunnya pohon hijau, Taman Nasional Way Kambas juga menawarkan dua pilihan wisata yang terdiri dari pusat konservasi gajah dan Waykanan Resort.

Pusat Konservasi Gajah

Bagi anda yang berkeinginan mengunjungi tempat wisata milenial di Lampung ini pasti sudah mengetahui bahwa Taman Nasional Way Kambas merupakan daerah yang diperuntukkan untuk melatih dan menjaga kelestarian gajah.

Maka tidak heran wahana yang ditawarkan di tempat wisata yang satu ini tak akan jauh-jauh dari kegiatan pelatihan gajah.

Terdapat tiga atraksi yang akan disuguhkan dalam wahana pusat konservasi gajah, antara lain atraksi gajah, memandikan gajah, dan sepakbola gajah.

Atraksi Gajah

Atraksi pertama dari pertunjukan gajah adalah atraksi gajah itu sendiri. Di sini anda akan disuguhkan oleh kelincahan dan kepintaran gajah mempraktekkan segala hal yang telah diajarkan oleh pelatih gajah professional.

Gajah merupakan mamalia terbesar di dunia yang memiliki otak super cerdas, maka tak heran, mereka dapat mengerti dan memahami segala hal yang diajarkan termasuk untuk beratraksi di depan pengunjung.

Memandikan Gajah

Atraksi kedua dari pertunjukan gajah adalah wahana memandikan gajah. Atraksi yang satu ini sangat cocok bagi anda yang ingin bersentuhan langsung dengan satwa liar nan cerdas yang satu ini.

Memandikan gajah juga patut anda coba untuk sang buah hati yang masih berusia balita agar memiliki sensitifitas terhadap alam liar dan tidak mudah takut terhadap sesuatu.

Selain itu, anda juga dapat menanamkan nilai-nilai saling menghargai setiap makhluk hidup kepada sang buah hati, di mana gajah merupakan satwa liar yang wajib dilindungi dan dilestarikan karena terancam punah oleh perburuan liar untuk mengambil gadingnya.

Namun, anda tidak perlu khawatir dan risau untuk memandikan dan bersentuhan dengan gajah secara langsung karena akan dipandu dan didampingi oleh pelatih gajah professional yang sudah akrab dengan gajah tersebut.

Sepak Bola Gajah

Sepak Bola Gajah
sumber gambar antaranews

Atraksi ketiga dari pertunjukan gajah adalah sepak bola gajah. Sepak bola gajah pada dasarnya memiliki konsep yang sama dengan atraksi gajah,

namun ditambah dengan kegiatan sepak bola yang terjadi antar gajah yang telah terlatih. Di sini anda hanya cukup diam dan duduk manis, menonton atraksi yang sedang disuguhkan oleh gajah-gajah tersebut.

Way Kanan Resort

Selain menawarkan wahana pusat pelatihan gajah, Taman Nasional Way Kambas Lampung juga menyuguhkan wahana dan fasilitas lain yaitu waykanan resort.

Resort way kanan merupakan tempat wisata yang menyuguhkan beragam tipe ekosistem termasuk hutan yang masih hijau, asri, dan utuh.

Lokasi yang strategis membuat tempat wisata yang satu ini berdekatan dengan wahana alam yang lain seperti Kalibiru, Kuala Kambas, dan Wako.

Way kanan resort dibatasi oleh sungai yang berbatasan langsung dengan garis pantai Kuala Kambas,

jadi bagi anda pecinta pantai yang juga menyukai wisata alam hutan, tempat wisata yang satu ini harus anda kunjungi.

Di sini anda akan menyaksikan keindahan alam berupa gradasi ekosistem yang sangat indah nan menakjubkan,

mulai dari ekosistem riparian, hutan payau hingga hutan mangrove, dan hutan pantai yang berada pada satu jalur air.

Baca Juga : Wisata Pantai Milenial yang menakjubkan di Lampung

Berdekatan dengan gradasi ekosistem tersebut, terdapat wahana lain yang menambah daya tarik way kanan resort yaitu ekosistem hutan hujan daratan rendah beserta rawa-rawa.

Berdasarkan data resmi yang dikeluarkan oleh pengelola Taman Nasional Way Kambas Lampung, dari seluruh kunjungan yang dilakukan oleh turis mancanegara, 75% memiliki tujuan untuk melakukan pengamatan burung (birdwatching).

Kegiatan birdwatching ini dilakukan dengan mengamati beraneka ragam jenis burung langka yang terancam kelestariannya,

seperti mentok rimba (Cairina scutulata), beragam jenis burung rangkong, elang, dan berbagai jenis satwa burung liar lainnya.

Dari seluruh potensi alam yang menjadi daya tarik wisata di Taman Nasional Way Kambas, terdapat beberapa kegiatan dan wahana wisata yang menjadi prioritas untuk dikembangkan oleh SPTN 1 Way Resort Taman Nasional Way Kambas, antara lain.

  • Safari menyusuri sepanjang aliran sungai di Taman Nasional Way Kambas, yang meliputi Way Kanan, Kuala Kambas, dan Kali Biru yang difasilitasi oleh transportasi air berupa kapal motor berkapasitas 6-7 orang dengan harga mulai dari Rp.750.000-1.500.000.
  • Kegiatan andalan pihak pengelola yang meliputi atraksi budaya nelayan, monitoring habitat buaya muara, dan monitoring harimau sumatera
  • Kegiatan monitoring satwa liar lainnya yaitu pengamatan Siamang (Symphalangus Syndactylus)
  • Kegiatan jungle tracking yang dilakukan dengan menyusuri jalan setapak sejauh 2 km

Fasilitas Lain di Taman Nasional Way Kambas

Fasilitas Lain di Taman Nasional Way Kambas

Meskipun berada di alam bebas, Taman Nasional Way Kambas tak lupa untuk memperhatikan pengunjungnya yang ingin menginap atau bermalam untuk menikmati suasana alam bebas di malam hari.

Hal tersebut dilakukan dengan membangun beberapa cottage atau penginapan yang tersebar di sepanjang Taman Nasional Way Kambas.

Satwa Gajah Lodge Cottage

Berjarak 500 m dari pintu utama Taman Nasional Way Kambas, Satwa Gajah Logde menawarkan pemadangan taman bertembok yang ditumbuhi dengan pohon buah-buahan tropis.

Di sini anda akan mendapati cottage sebanyak 4 buah yang dapat anda gunakan untuk bermalam atau beristirahat sejenak.

Masing-masing cottage dapat menampung pengunjung sebanyak maksimal empat orang, yang dilengapi dengan tempat tidur pegas, air panas beserta toilet bergaya eropa, dan kipas angin.

Seluruh tenaga listirk di Satwa Gajah Eco Lodge Cottage didapatkan dari tenaga surya, sehingga hemat energi.

Cottage ini juga menyediakan restoran terbuka yang menyediakan berbagai menu makanan khas Indonesia maupun makanan barat yang disesuaikan dengan daerah asal pengunjung.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Satwa Gajah Lodge Cottage,

anda dapat mengunjungi laman resminya di www.ecolodgesindonesia.com atau email untuk reservasi di reservation@ecolodgesindonesia.com. 

Penginapan Sederhana

Bagi anda yang memiliki biaya atau budget tebatas, namun tetap ingin bermalam di Taman Nasional Way Kambas, anda dapat berjalan sejauh 30 km dari pintu masuk utama.

Di sini anda akan menemukan beberapa penginapan yang memiliki harga terjangkau namun tetap nyaman dan bersih untuk ditinggali.

Untuk bermalam di sini, anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp.100.000-200.000.

Salah satu kelemahan penginapan di sini adalah tidak adanya tempat makan, warung, atau restoran.

Maka dari itu, anda diharapkan untuk membawa makanan atau bekal sendiri.

Disekitar penginapan terdapat pasar di Rajasamba Lama yang menjual berbagai keperluan sehari-hari seperti kopi, mie, dan makanan instan lainnya.

Way Kanan Resort

Way Kanan Resort merupakan resort satu-satunya yang ada di Taman Nasional Way Kambas.

Maka tak heran banyak turis baik yang berasal dari Indonesia maupun mancanegara yang berbondong-bondong untuk menginap di sini.

Tarif yang dikenakan bermalam di Way Kanan Resort adalah Rp.200.000 per malam.

Namun, sebelum memutuskan untuk bermalam di sini, anda harus menghubungi petugas di Pos Jaga Plang Hijau dan meminta SIMAKSI berupa surat izin yang dikenai harga sebesar Rp.20.000.

Pusat Latihan Gajah

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa salah satu wahana yang terdapat di Taman Nasional Way Kambas adalah pusat pelatihan gajah.

Di sana anda akan menemukan beberapa penginapan yang disediakan untuk para peneliti dan wisatawan ecotourism.

Penginapan tersebut berbentuk rumah kayu yang berwarna hijau dan berada du antara titik-titik pelatihan gajah sumatera.

Selain sebagai tempat istirahat dan bermalam, penginapan di pusat pelatihan gajah ini sangat cocok bagi anda yang ingin melakukan penelitian,

karena lokasinya yang berada di tepi kolam minum dan pemandian gajah.

Untuk masalah makanan, anda tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa tempat makan di seberang Kantor Pusat Konservasi Gajah Sumatera.

Harga yang dibandrol untuk setiap kamar di sini juga cukup terjangkau yaitu sebesar Rp.200.000 saja.

Tempat Wisata Milenial yang Sedang Hits di Lampung, Taman Nasional Way Kambas!

Perkemahan Taman Nasional Way Kambas

Bagi anda yang berjiwa petualang dan tidak kenal takut, berkemah di Taman Nasional Way Kambas merupakan kegiatan yang harus anda coba.

Namun, sebelum mendirikan tenda di sini anda harus meminta surat SIMAKSI di kantor penjagaan terlebih dahulu.

Yestoya Club House Hotel

Bagi anda yang terbiasa dengan fasilitas mewah di perkotaan, namun ingin tetap merasakan suasana alam liar, hotel Yetoya ini merupakan pilihannya.

Berdekatan dengan Taman Nasional Way Kambas terdapat kota kecil bernama Way Jepara yang berjarak sekitar 15-20 menit menggunakan kendaraan dari pintu masuk Taman Nasional Way Kambas.

Yestoya Club House Hotel ini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap dan modern seperti AC, televisi, pemanas air, lemari pendingin atau kulkas, fitness equipment, dan lain sebagainya.

Untuk masalah konsumsi, anda tidak perlu khawatir karena di hotel ini terdapat sebuah kafe yang menyediakan berbagai makanan dan minuman.

Salah satu hal yang menjadi daya tarik di hotel ini adalah harganya yang cukup terjangkau

apabila dibandingkan dengan fasilitas yang akan didapat pengunjung yaitu hanya Rp.220.000-330.000, cukup murah bukan!

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Way Kambas Lampung

Bagi anda yang ingin berlibur dengan anggaran atau budget yang super murah, Taman Nasional Way Kambas Lampung merupakan solusinya.

Untuk dapat memasuki Kawasan tempat wisata Taman Nasional Way Kambas, anda cukup merogoh kocek sebesar Rp.7.000 saja,

murah sekali bukan apabila dibandingkan dengan keindahan alam dan satwa yang akan anda saksikan nantinya.

Selain itu, anda juga dapat mencoba wahana menaiki gajah untuk satu kali putaran dengan jarak 50-100 meter dengan biaya Rp.20.000.

Apabila belum puas, anda dapat mengambil paket short time dengan mengelilingi taman gajah selama 30 menit yang akan dikenakan biaya Rp.150.000.

Untuk dapat mengunjungi keindahan Taman Nasional Way Kambas, anda dapat mengunjunginya mulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 18.00.

Bagi anda yang ingin menginap, dapat meminta surat SIMAKSI kepada petugas yang berjaga.

Lokasi Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas berada di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia dengan luas total 1.300 km2.  

Taman Nasional yang dikelola oleh Kementrian Perhutanan ini berdekatan dengan kota Bandar Lampung, Metro.

Rute dan Akses Jalan Taman Nasional Way Kambas

Rute dan Akses Jalan Taman Nasional Way Kambas

Untuk mencapai Taman Nasional Way Kambas, anda dapat memilih Jalan Lintas Timur Provinsi Lampung.

Jalur yang terbentang dari Bakauheni hingga ke Menggala ini memiliki kondisi jalan yang lebar dan halus, serta sepi dari kendaraan yang berlalu Lalang.

Perjalanan dimulai dari bandara Raden Intan II yang berjarak sekitar 89,2 km dengan waktu tempuh 2 jam 22 menit.

Setelah meninggalkan bandara, anda dapat menuju pertigaan Tegineneng yang akan berakhir di Pekalongan dan Metro.

Perjalanan dilanjutkan dengan melewati pertigaan Gedung Dalam untuk menuju Sukadana. Setelah itu, anda akan menemukan persimpangan Sukadana yang dilanjutkan menuju gapura Way Kambas.

Selain Jalan Lintas Timur Provinsi Lampung, terdapat dua rute atau jalur yang dapat anda lalui untuk menuju Taman Nasional Way Kambas yaitu Jalan lintas Tengah dan Barat.

Namun, kedua rute tersebut memiliki kondisi jalan yang tidak sebagus Jalan Lintas Timur Provinsi Lampung.

Tips Berlibur ke Taman Nasional Way Kambas

  • Jangan lupa untuk meminta izin kepada pihak pengelola Taman Nasional Way Kambas.
  • Usahakan untuk berkunjung sebelum senja datang. Hal tersebut dikarenakan pada sore hari tidak terdapat transportasi umum yang dapat anda gunakan menuju gerbang Way Kambas.
  • Membawa perbekalan yang cukup baik dari segi makanan maupun perlengkapan lainnya. Hal tersebut mengingat tidak terdapatnya tempat makan yang buka pada malam hari
  • Usahakan untuk tidak merusak lingkungan sekitar Taman Nasional Way Kambas, baik keadaan lingkungannya maupun keadaan satwa yang hidup di sana.

Demikian sedikit informasi yang dapat Heru sampaikan mengenai tempat wisata milenial yang sedang hits di Lampung yaitu Taman Nasional Way Kambas.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Author: admin

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *